Durasi Tidur yang Dibutuhkan Tiap Malam

Rekomendasi Durasi Tidur Harian Yang Dibutuhkan

Banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa tidur cukup itu penting disegala umur. Dengan tidur, maka tubuh dan pikiran akan pulih, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seberapa lama durasi tidur yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat tidur tersebut?

National Sleep Foundation menyarankan kebutuhan tidur antara 7 – 9 jam tiap malam bagi orang dewasa. Bayi, anak kecil, dan remaja tentu membutuhkan lebih banyak waktu tidur untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Kemudian para manula membutuhkan 7 – 8 jam waktu tidur tiap malam.

Durasi Tidur yang Dibutuhkan


Mengetahui rekomendasi umum tentang berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan memang penting, mengingat kebutuhan tidur didasari faktor-faktor seperti tingkat aktivitas dan kesehatan. Dan juga tentunya dengan tips tidur yang benar agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Berikut adalah rekomendasi durasi tidur yang dibutuhkan seseorang setiap malam

Rekomendasi durasi tidur berdasarkan kelompok umur.

Rekomendasi waktu tidur dibagi menjadi 9 kelompok usia.


Durasi Tidur yang Dibutuhkan


Di setiap kelompok, rekomendasi rentang durasi tidur malam yang direkomendasikan untuk individu yang sehat. Dalam beberapa kasus, tidur satu jam lebih lama atau kurang dari waktu tidur biasanya dapat diterima berdasarkan keadaan seseorang.

Tidak mungkin mematok tidur yang lama jika seharian aktivitas yang dilakukan hanya duduk dan menonton TV.

Lama durasi tidur yang diperlukan

Rekomendasi ini sebagai pedoman umum saja untuk mengetahui seberapa banyak durasi tidur yang dibutuhan orang berdasarkan umur yang juga tidak menutup kemungkinan bahwa durasi tidur seseorang sangat variatif.

Oleh karena itu, rekomendasi tidur mencantumkan rentam jam untuk setiap kelompok usia yang ada. 

Mematok berapa lama durasi tidur yang Anda butuhkan berarti mempertimbangkan kesehatan Anda secara keseluruhan, aktivitas sehari-hari, dan pola tidur yang khas. 

Beberapa pertanyaan ini mungkin memberikan refleksi untuk menilai kebutuhan tidur:

  • Apakah Anda produktif, sehat, dan bahagia setelah tujuh jam tidur? Atau pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda membutuhkan lebih banyak jam tidur untuk bersiap-siap?
  • Apakah Anda mengalami masalah kesehatan yang terjadi bersamaan? Apakah Anda berisiko tinggi terkena penyakit?
  • Apakah Anda memiliki pengeluaran energi harian yang tinggi? Apakah Anda sering berolahraga atau bekerja dalam pekerjaan padat karya?
  • Apakah aktivitas harian Anda membutuhkan kewaspadaan untuk melakukannya dengan aman? Apakah Anda mengemudi setiap hari dan / atau mengoperasikan alat berat? Apakah Anda pernah merasa mengantuk saat melakukan aktivitas tersebut?
  • Apakah Anda mengalami atau Anda memiliki riwayat masalah tidur?
  • Apakah Anda bergantung pada kafein untuk membantu Anda menjalani hari
  • Ketika Anda memiliki jadwal terbuka, apakah Anda tidur lebih banyak daripada yang Anda lakukan pada hari kerja biasa?

Dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut anda bisa menjawab sendiri untuk merefleksikan durasi tidur optimal.

Rekomendasi ini dibuat berdasarkan panel ahli yang dikumpulkan dari berbagai bidang sains dan kedokteran oleh National Sleep Foundation.

Ratusan studi penelitian dilakukan untuk memvalidasi durasi tidur dengan hubungannya terhadap penyakit kardiovaskuler, depresi, nyeri, dan diabetes.

Ada juga rekomendasi lain, seperti dari American Academy of Sleep Medicine (AASM) dan Sleep Research Society (SRS). Secara umum, organisasi-organisasi ini memiliki kesamaan dalam temuan tentang durasi tidur. 


Posting Komentar untuk "Durasi Tidur yang Dibutuhkan Tiap Malam"