Daun Sembung Sebagai Obat Herbal Sakit Ginjal

Obat Herbal untuk Sakit Ginjal

Menderita suatu penyakit ginjal, apalagi gagal ginjal kronis memang sangat mengancam kehidupan. Mengapa tidak, ginjal yang seharusnya bekerja menyaring darah harus terhambat karena gangguan fungsi dan struktur, akibatnya darah menjadi penuh ‘limbah’ tubuh dan membahayakan organ lain seperti otak. Untuk itu dibutuhkan sebuah alternatif obat herbal untuk sakit ginjal agar mencegahnya.

Mungkin anda sudah terdiagnosis sebelumnya dengan masalah di ginjal. Ketakutan mengalami gagal ginjal tentu tidak terhindarkan. Sudah sangat bijak untuk berobat ke dokter, namun jika ragu mungkin dapat mencoba herbal dengan sepengetahuan dokter.

Memang semakin beragam yang dikonsumsi, maka semakin berat pula kerja ginjal. Untuk itu cari tahu lah lebih dulu mengenai suatu herbal sebelum mengonsumsinya.

Daun Sembung Sebagai Obat Herbal untuk Anda yang mengalami penyakit ginjal

Obat Herbal Sakit Ginjal

Daun sembung merupakan ramuan yang cukup baik pada penyakit ginjal karena memiliki sifat diuretik dan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan air. Teh yang dibuat dari tanaman ini bila dikonsumsi maka akan membantu mengurangi kelebihan air dan garam pada tubuh, sehingga beban kerja ginjal dapat berkurang dan tekanan darah tinggi akan terkontrol.

Tekanan darah tinggi sendiri dapat disebabkan karena tingginya garam dalam tubuh dan menjadi risiko terkena penyakit ginjal.

Teh dari daun sembung ini disetujui oleh Institut Transplantasi dan Ginjal Nasional Filipina sebagai obat herbal yang memiliki kemampuan untuk memperlambat dan mencegah terjadinya gagal ginjal.

Maka dari itu, Institut Transplantasi dan Ginjal Nasional Filipina juga merekomendasikan penggunaan teh daun sembung untuk gangguan ginjal lainnya.

 

Langkah-langkah menggunakan daun sembung :

1. Ambil daun sembung dan potong kecil-kecil.

2. Cuci dengan air bersih

3. Rebus 50 gram daun sage dalam satu liter air

4. Biarkan dalam 10 menit.

5. Minum panas atau dingin tergantung selera pribadi

 

Mencegah Penyakit Ginjal

Idealnya dalam mencegah terjadinya penyakit pada ginjal anda, modifikasi gaya hidup sangatlah penting, seperti :

  • Tingkatkan aktivitas fisik (olahraga)
  • Konsumsi makanan dan minuman sehat
  • Menjaga berat badan yang ideal
  • kontrol tekanan darah
  • minum banyak air putih
  • jangan atau berhenti merokok
  • hindari konsumsi alkohol

 

Perhatikan ginjal Anda terutama jika Anda memiliki faktor risiko tinggi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas dan riwayat keluarga yang mengidap penyakit ini.

Tujuan pengobatan penyakit ginjal adalah untuk menghentikan atau memperlambat perkembangan penyakit, dan salah satu bagian terpentingnya adalah pengendalian hipertensi atau tekanan darah tinggi seperti yang saya sebutkan di atas.

Hal yang perlu diketahui lebih lanjut bahwa di Indonesia sendiri belum banyak penelitian yang mendukung efektifitas daun sembung. Jadi tetap konsultasikan ke dokter.

Posting Komentar untuk "Daun Sembung Sebagai Obat Herbal Sakit Ginjal"